Tips Memilih Produk Asuransi Syariah yang Berkualitas

  • Whatsapp
Produk Asuransi Syariah

Sekarang ini banyak orang yang merasa seolah harus kembali ke fitrahnya, mengikuti jalan yang diajarkan oleh agama Islam, termasuk dalam hal kegiatan ekonomi. Pilihan produk syariah seolah menjadi sebuah keharusan. Dan kamu juga bisa lihat tentang pilihan utama asuransi syariah di Indonesia terbaik.

Melihat kondisi ini yang membuat banyak bermunculan lembaga keuangan yang berlabelkan syariah, seperti Bank Syariah, Asuransi Syariah, Pegadaian Syariah atau juga Lembaga Pembiayaan Syariah yang lainnya. Hal ini membuktikan bahwa keberadaan Lembaga Keuangan Syariah memang dibutuhkan semua kalangan masyarakat baik kaum muslim maupun non-muslim.

Mengapa non muslim ikut juga? Karena dalam bisnis syariah terdapat banyak nilai-nilai universal yang terkandung di dalamnya, seperti keadilan bagi nasabah dan transparan dalam pengelolaan usaha sehingga produk ini dapat diterima oleh semua kalangan.

Pelajari Tips Memilih Produk Asuransi Syariah yang Berkualitas

Asuransi memang penting untuk menjamin dan melindungi kehidupan masyarakat terhadap resiko yang dapat saja muncul dikemudian hari. Sehingga banyak masyarakat yang bersedia bergabung dan mempunyai asuransi yang berbasis syariah karena sesuai dengan ekonomi syariah yang diajarkan agama Islam.

Dengan bertambah banyak perusahaan asuransi yang menawarkan sebuah produk asuransi Syariah, dengan pilihan nasabah tentunya akan semakin banyak. Bahkan banyak bank konvensional membuat divisi khusus yang menawarkan produk berbasis syariah.

Memilih Asuransi Syariah yang berkualitas pastinya tidak akan semudah yang dibayangkan, karena semua perusahaan asuransi selalu berlomba menawarkan keunggulan produk asuransi mereka agar dapat menarik nasabah sebanyak-banyaknya.

Supaya tidak salah memilih Asuransi Syariah yang berkualitas, lihatlah macam-macam tips memilih Asuransi Syariah yang berkualitas berikut ini:

Ketahui Kebutuhan, Jangan Sampai Salah Pilih Produk

Peserta asuransi harus mengetahui jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhannya. Asuransi mempunyai banyak pilihan produk, seperti Asuransi Jiwa, Asuransi Kesehatan, Asuransi Kecelakaan, Asuransi Pendidikan dan asuransi yang sekaligus menjadi investasi.

Dari berbagai jenis asuransi tersebut pilihlah asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan Kamu. Jika ragu-ragu, mintalah pendapat saudara, sahabat, atau agen asuransi yang Kamu percayai.

Pastikan Ada Dewan Pengawas Syariah (DPS)

Seluruh Perusahaan Asuransi Syariah pasti mempunyai Dewan Pengawas Syariah (DPS). Dewan Pengawas Syariah ini mempunyai anggota beberapa orang yang memahami benar ekonomi syariah. Dewan Pengawas Syariah ini bertujuan mengatur, mengawasi dan menjamin produk Asuransi Syariah yang ditawarkan benar-benar merupakan produk yang halal dan dijalankan sesuai dengan syariat agama Islam.

Cari Referensi dan Tentukan Produk Perusahaan Asuransi Syariah yang Ingin Diambil

sekarang ini banyak sekali berdiri perusahaan asuransi, dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pada saat memilih perusahaan asuransi pelajarilah lama berdiri dan kualitas pelayanan dari perusahaan asuransi tersebut. Dan kamu harus pelajari berapa lama perusahaan tersebut bergerak dalam bidang Asuransi Syariah. Pelajari juga bagaimana pelayanan perusahaan tersebut dalam pembayaran klaim, apakah ada kendala atau tidak.

Pelajari dan Pahami Ilustrasi yang Diberikan

Sebelum melakukan akad asuransi Syariah, kamu harus terlebih dahulu agen asuransi akan memberikan gambaran yang mengulas macam-macam hal produk yang mengenai produk asuransi Syariah. Ilustrasi tersebut meliputi perkiraan besaran dana yang akan didapatkan oleh calon nasabah ketika periode kesepakatan telah berakhir.

Perhatikan betul-betul setiap detail ilustrasi yang dijelaskan oleh agen asuransi, agar setiap detail ilustrasi yang dijelaskan tersebut dapat Kamu pahami. Apabila ada yang belum dipahami jangan ragu untuk menanyakannya. Jangan mudah tergiur dengan tawaran tinggi yang tidak wajar, seperti tawaran yang jauh di atas keuntungan bank syariah pada umumnya. inilah asumsi-asumsi yang terdapat di setiap lembar ilustrasi dan sikapi secara bijaksana.

Related posts