Tips Aman Pinjam Uang di Fintech Pinjaman Online

  • Whatsapp
Tips Aman Pinjam Uang di Fintech Pinjaman Online

Dulu, rasanya sulit sekali mencari pinjaman uang. Kini, jangan ditanya lagi. Iklan pinjaman uang dari beberapa perusahaan teknologi bertebaran entah itu di stasiun kereta api, bahkan hingga ke media sosial.

Saking masifnya penawaran pinjaman online, bahkan ada yang sampai memiliki pinjaman lebih dari 5 perusahaan pinjaman online. Padahal belum tentu kemampuan finansialnya mumpuni. Bisa jadi, beberapa perusahaan yang memberikan pinjaman pun tidak terdaftar di OJK sehingga dengan mudah memberikan pinjaman tanpa memperhatikan skor kreditnya.

Supaya tetap pinjaman di fintech pinjaman online, berikut adalah beberapa tips yang bisa dipertimbangkan.

  1. Pahami bedanya pinjaman online dan pinjaman di bank

Literasi keuangan yang rendah mengakibatkan salah persepsi antara pinjaman online dengan pinjaman di bank. Padahal keduanya berbeda meskipun sama-sama memberikan pinjaman. Pinjaman lewat bank memang lebih rumit tetapi menawarkan bunga yang lebih rendah, kadang kala bisa lebih rendah lagi jika memberikan jaminan barang atau surat berharga seperti surat tanah.

Sedangkan pinjaman online lebih bersifat fungsional dan bisa digunakan untuk semua kebutuhan. Apalagi jika tujuannya untuk kebutuhan darurat yang membutuhkan pencairan dana secara singkat. Tapi, pinjaman online memberikan bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan bunga bank. Amat wajar terlebih tidak ada jaminan pun prosesnya lebih mudah dan cepat.

  1. Penuhi syarat dan ketentuan yang disepakati sejak awal

Beberapa kasus terjadinya penagihan yang melanggar etika memang menjadi sorotan. Namun, hal tersebut bukan menjadi pembenaran bagi perusahaan pinjaman online dengan cara menekan debitur.

Oleh karena itu, debitur pun harus mematuhi perjanjian yang sudah disepakati sejak awal mulai dari kepatuhan terhadap pembayaran utang tidak melebihi jatuh tempo, serta membayar kewajiban sampai selesai.

Jika kewajiban tersebut dipatuhi dengan baik, bukan hanya meningkatkan skor kredit tapi juga akan lebih mudah mendapatkan pinjaman dari bank, maupun perusahaan sejenis karena sudah punya catatan kredit yang memuaskan.

  1. Pilih aplikasi pinjaman hanya yang sudah terdaftar resmi di OJK

Diantara yang lain, cara paling aman mengajukan pinjaman adalah memilih perusahaan yang sudah terdaftar di OJK. Semakin banyak penawaran semakin tinggi pula kewaspadaan dalam memilih perusahaan pinjaman online. Pilih yang sudah punya nama dan terdaftar secara resmi, memiliki izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan.

  1. Cari yang memberikan bunga rendah

Logika sederhana, saat mengajukan pinjaman di bank, tentu kita akan memilih bunga yang paling rendah. Hal ini juga sejalan saat kita memilih KPR dengan bunga rendah dan tetap. Dengan langkah seperti itu, ada jaminan dan kepastian di masa depan untuk memenuhi kewajiban. Begitu pula dengan pinjaman online. Cari yang menawarkan bunga rendah sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.

  1. Bayar pinjaman tepat waktu ya

Usahakan untuk membayar pinjaman ataupun cicilan sebelum waktunya atau sebelum jatuh tempo. Hindari kebiasaan membayar pinjaman melebihi jatuh tempo karena risikonya akan ada beban bunga berjalan harian sebagai dendanya. Oleh karena itu, jika kamu sudah gajian, langsung alokasikan sesuai dengan kewajiban yang harus dibayarkan.

Salah satu fintech yang sudah terdaftar di OJK dan menawarkan pinjaman berbunga rendah adalah Kredivo. Salah satu alasan mengapa Kredivo dapat dipercaya karena telah mendapatkan beberapa penghargaan bergengsi seperti Global Top 100 dalam kurun waktu kurang dari tiga tahun sejak didirikan. Kredivo dianggap sebagai perusahaan teknologi finansial paling inovatif di Asia Tenggara.

Yuk, Pelajari Syarat Pinjam Dana Lewat Kredivo

Jika tertarik mau mengajukan pinjaman uang lewat aplikasi Kredivo, pastikan terdaftar sebagai member Kredivo dulu ya.

Daftar lewat aplikasi dan penuhi persyaratan berikut sebelum mendaftar.

  • Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Berusia antara 18 sampai 60 tahun.
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon.
  • Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.

Setelah syarat tersebut terpenuhi, barulah unduh aplikasi Kredivo lewat App Store maupun Google Play Store untuk melakukan pendaftaran dengan langkah yang mudah.

Pinjam Dana Lewat Kredivo, Berapa Bunganya?

Pinjaman yang ditawarkan Kredivo adalah pinjaman tanpa agunan serta dapat digunakan untuk apa saja. Namun, sebaiknya gunakan untuk kebutuhan produktif seperti modal usaha atau kebutuhan darurat seperti berobat atau yang lebih bermanfaat lainnya.

Tidak perlu khawatir mengajukan pinjaman melalui Kredivo, karena Kredivo sudah terdaftar di OJK dengan nomor registrasi S-236 / NB.213 / 2018 atas nama PT FinAccel Digital Indonesia.

Kredivo memberikan bunga pinjaman 2,95% per bulan. Bunga tersebut sangat terjangkau. Ada dua pinjaman yang ditawarkan yaitu pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Keduanya hanya berbeda di plafon saja meskipun pada dasarnya kredit limit yang diberikan Kredivo bisa mencapai Rp30 juta.

Ada biaya administrasi sebesar 6% hanya untuk produk pinjaman tunai saja. Baik itu produk pinjaman jumbo maupun pinjaman mini. Biaya administrasi ini hanya dikenakan satu kali, dihitung dari jumlah keseluruhan pinjaman dan akan dipotong di muka.

Misalnya untuk pinjaman mini sebesar Rp1 juta, maka biaya administrasi yang akan dipotong dari pinjaman adalah sebesar Rp60.000. Cukup rasional bukan? Apalagi pinjaman ini tidak perlu jaminan atau agunan.

Daftar sekarang lewat aplikasi Kredivo. Unduh aplikasinya secara resmi lewat situs Kredivo atau Google Play Store dan App Store.

Related posts