Panduan Mencuci Baju Bayi Laki-laki 1 Tahun dengan Benar

  • Whatsapp
Baju Bayi Laki-laki 1 Tahun

Kebanyakan orang beranggapan bahwa cara mencuci pakaian bayi yang benar sama seperti mencuci pakaian orang dewasa, padahal hal ini adalah sesuatu yang keliru dilakukan karena bayi masih memiliki kulit yang halus dan rentan mengalami iritasi jika tersentuh sesuatu yang asing. Mencuci pakaian bayi dengan benar penting dilakukan agar kesehatan kulit bayi dapat selalu terjaga. Selain itu buah hati kita juga akan dapat merasa nyaman dengan pakaian yang dikenakan, mencuci baju bayi bisa dilakukan secara manual ataupun dengan mesin cuci tapi memang sebaiknya dilakukan secara manual jika kita memang punya banyak waktu namun jika jika kita tidak mempunyai banyak waktu bisa dilakukan dengan menggunakan mesin cuci.

Beberapa hal penting yang harus kita ingat adalah :

  • Menyetrika baju bayi setelah dicuci adalah wajib hukumnya karena panas pada setrikaan membantu menseterilkan pakaian yang sudah dicuci sehingga mengurangi resiko bayi karena alergi.
  • Kulit bayi sangatlah sensitif oleh karena itu mencuci pakaian bayi yang langsung bersentuhan dengan kulitnya memerlukan perhatian yang cukup ekstra.
  • Penggunaan deterjen dan pewangi yang berlebihan dapat menimbulkan reaksi alergi pada kulit bayi terutama bayi yang memiliki kulit super sensitif.
  • Jangan mencampur pakaian bayi dengan pakaian orang dewasa ketika mencucinya karena kita tidak tahu apa-apa saja yang sudah menempel dipakaian kita.

Jadi memang betul tidak mudah mencuci dan merawat pakaian bayi tapidemi kesehatan dan kebaikan buah hati kita tentunya apapun harus kita lakukan.

Cara Mencuci Baju Bayi Secara Manual/ Dengan Tangan

Jika kita memiliki cukup banyak waktu memang sebaiknya mencuci baju bayi kita secara manual karena ini ada hubungannya dengan bahan pakaian bayi yang lembut sehingga sebagai bagian dari perawatannya sebaiknya dicuci dengan tangan saja. Berikut ini adalah langkah-langkah mencuci baju bayi laki-laki 1 tahun secara manual/dengan tangan :

  1. Sebelum pakaian dicuci pisahkan dulu baju bayi berdasarkan jenis dan warnanya agar nanti bisa dicuci secara terpisah.
  2. Siapkan baskom berisi air hangat dan rendamlah baju-baju bayi kita selama kurang dari 15 menit, air hangat membantu membunuh kuman ataupun bakteri yang mungkin saja menempel dibaju kotor bayi.
  3. Di baskom yang berbeda siapkan air hangat dengan diberi deterjen cair. Sebaiknya pilih detergen dengan formula lembut khusus bayi, kalau misalkan tidak ada detergen cair kita bisa menggunakan detergen biasa juga tidak menjadi masalah, tapi sebaiknya hindari penggunaan detergen bubuk karena bubuk pada detergen bisa saja menempel diantara lipatan baju bayi yang justru dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Selain pemilihan detergen sebaiknya ketika mencuci baju bayi juga tidak boleh diberikan pewangi pakaian.
  4. Rendamlah kembali selama selama kurang lebih 15 menit lalu kucek perlahan setiap pakaian bayi satu persatu. Tidak perlu terlalu berlebihan karena akan merusak serat kain baju bayi kita.
  5. Untuk menjaga agar serat baju bayi kita tetap terawatt sebaiknya jangan diperas cukup dengan di kibas-kibaskan saja dan jemur ditempat yang cukup berangin saja tidak langsung terkena sinar matahari langsung.
  6. Angkat pakaian ketika sudah benar-benar kering karena pakaian yang lembab akan mengundang jamur dan bakteri lebih cepat.
  7. Baju bayi kita setrika kalau tidak kita tidak akan tahu debu atau kuman apa saja yang akan menempel jika pakaian tidak langsung disetrika dan disimpan dilemari khusus miliknya.

Sekian informasi tentang panduan memilih baju laki-laki 1 tahun dengan benar semoga bermanfaat bagi teman-teman semuanya.

Related posts