Langkah Bersih-bersih Rumah Agar Keluarga Terhindar dari Virus Corona

  • Whatsapp
Virus Corona

Virus Corona memang termasuk wabah yang menjadi permasalah cukup pelik yang harus diselesaikan bersama, tak hanya oleh pemerintah saja, melainkan juga masyarakat semuanya. Karena penyakit yang disebabkan oleh virus ini yaitu gangguan pernapasan bisa sangat menular dan beresiko tinggi menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani. Penting juga sebenarnya mengupayakan langkah pencegahan jika dibandingkan dengan mengobati jika seandainya nanti sampai terserang.

Di Indonesia sebenarnya infeksi yang disebabkan oleh virus tersebut semakin lama semakin tinggi jumlahnya. Apalagi dengan masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk berkontribusi di dalam upaya pencegahan semakin memperburuk kondisinya. Sebenarnya virus ini tidak bertahan lama di udara, melainkan ia berada di permukaan benda, bisa bertahan sampai dengan berjam-jam sampai dengan berhari-hari, memang hal ini jugalah yang membuatnya menjadi risakan untuk menular dari satu orang ke orang yang lainnya. Sehingga penting bagi Anda untuk menjaga kebersihan, mulai dari kebersihan diri sendiri dengan cara mencuci tangan menggunakan sabun, mandi dan juga kebersihan tempat tinggal.

Berikut ini diantaranya langkah membersihkan rumah secara aman agar terhindar dari virus Corona, yaitu:

  1. Bersihkanlah setiap hari permukaan benda-benda di dalam rumah yang memang sering disentuh, misalnya adalah ganggang pintu, kemudian juga sakelar lampu sampai dengan permukaan meja. Karena memang beberapa area tersebutlah yang paling rentan untuk dihinggapi oleh virus yang satu ini. Jika perlu Anda harus menyemprot area tersebut dengan menggunakan desinfektan. Sehingga nantinya virus yang menempel bisa mati.
  2. Gunakan sarung tangan sekali pakai ketika bersih-bersih, apalagi jika seandainya Anda membersihkan dengan menggunakan desinfektan, meskipun pada dasarnya bahan kimia tersebut aktif dan juga optimal di dalam membunuh beragam jenis kuman ataupun bakteri, namun jika sampai terkena kulit beresiko tinggi untuk menyebabkan reaksi alergi, bahkan juga kemungkinan untuk terkena dermatitis kontak. Dalam pemakaian jangka panjang bahan kimia tersebut juga dapat memicu terjadinya kanker.
  3. Selain dengan desinfektan dan juga cairan pemutih ada juga beberapa bahan yang cukup aktif untuk membunuh kuman, namun lebih aman dan juga alami. Apalagi pada benda-benda yang terbuat dari bahan tertentu tak jarang bahan kimia ini akan mempermudah kerusakan. Sehingga dapat diganti dengan yang lain. Termasuk diantaranya adalah campuran cuka putih dan juga air pada permukaan lantai kayu.
  4. Untuk pakaian kotor Anda sebaiknya cuci menggunakan pengaturan yang hangat atau memakai air panas, karena air dengan suhu normal kurang efektif di dalam membunuh virus ini. ada baiknya Anda juga memilih detergen dengan kandungan pemutih, karena ini bisa lebih efektif di dalam membunuh Coronavirus yang menempel disana.
  5. Hidrogen peroksida dengan kandungan 3 persen juga efektif di dalam membunuh virus, sehingga nantinya dapat Anda gunakan di permukaan wastafel untuk mensterilkannya. Biarkan setidaknya selama kurang lebih 15 menit, baru nantinya di gosok dan juga dibilas. Bahkan bahan yang satu ini nyatanya juga sangatlah efektif di dalam membersihkan sikat gigi yang penuh dengan bakteri di dalamnya.

Itulah cara paling aman di dalam bersih-bersih rumah agar terhindar dari virus Corona. Jangan sepelekan wabah yang satu ini, bisa jadi Anda terpapar namun tidak menunjukkan gejalanya, namun menularkan kepada banyak orang tercinta yang ada di sekitar Anda. Dapatkan informasi kesehatan bermanfaat lainnya hanya dari situs Halodoc, tersedia versi aplikasinya juga.

Related posts