Kamera Nikon D7100 vs Nikon D610

  • Whatsapp
Nikon D7100, Nikon D610

Perbandingan antara kamera Nikon D7100 dengan kamera Nikon D610 mengingatkan saya dengan perbandingan kamera canon 5d mk2 dengan canon 7D. secara perangkat yang dilengkapkan pada kamera Nikon D7100 atau teknologi yang dibekalkan lebih unggul dibandingkan dengan Nikon D610.

Sesuai dengan teknologi yang dibekalkannya yang membuat Nikon D7100 memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga Nikon D610 yakni selisih hingga 8 juta. Apasih yang membuat harganya memiliki selisih sebesar itu.

 Selisih harga sampai 8 juta tersebut diakibatkan karena Nikon d610 memiliki sensor dengan ukuran yang lebih besar, atau istilahnya adalah full frame atau juga FX, dan untuk kameran Nikon D7100 memiliki sensor berukuran lebih kecil atau istilahnya DX. Dengan perbedaan besarnya sensor yang dimiiki Nikon D610 mempengaruhi besarnya jendela bidik. Sehingga nantinya jendela bidik di Nikon D610 lebih besar dan jelas, dampak lainnya juga yakni pada sudut pandang kamera FX lebih luas dibandingkan dengan DX dan juga lbih banyak tersedia lensa lebar.

Tapi sebenarnya, kualitas sensor Nikon D7100 jauh lebih tidak terlalu buruk. Tapi memiliki resolusi sam-sama besar yaitu 24 MP, kemudian Nikon D7100 juga diuntungkan dengan tidak adanya low pass filter sehingga foto lebih tajam dari pada kamera yang memiliki sensor DX lainnya. Akan tetapi ada juga risiko tanpa filter low pass ini, bisa memungkinkan munculnya moiré atau cacat pada foto saat memotret subjek foto yang memiliki tekstur atau berpola rapat.

Kemudian pada soal kecepatan tembak berturut-turut pada kedua kamera ini memang memiliki kecepatan yang hampir sama. Pada kamera niko D7100 memiliki keunggulan dengan kecepatan foto berturut-turut mencapai 6 fps dan 7 fps dengan menggunakan crop mode. Sedangkan Nikon D610 hanya memiliki 5.5 fps, dan dibandingkan dengan Nikon D7100 yang hanya bisa menghasilakn 6 foto RAW. Jadi saat memotret berturut-turut dengan Nikon D7100 dalam satu detik saja kamera sudah memiliki kendala yakni macet. Kemudian kamu harus menunggu sampai kamera menuliskan data ke memori card. Jikalau memotret dengan format file JPG tentunya bisa tahan lama.

Kemudian pada sistem autofocus pada kamera Nikon D7100 memiliki kecanggihan yang lebih unggul, yaitu sekitar 51 titik focus yang manjadi andalan Nikon yang terdapat di kelas kamera atas. Sedangkan pada kamera Nikon D610 hanya memiliki titik focus sekitar 39 titik serta memiliki cakupan daerahnya cukup sempit. Akibatnya untuk kegiatan fotografi jurnalistik atau olahraga, kamera Nikon D7100 lebih unggul.

Catatan: untuk fitur di Nikon D7110 memang lebih canggih dari Nikon D610, akan tetapi jika focus fotonya terutama pada background pemandangan yang membuthkan lensa besar berkualitas atau sering memotret di kondisi cahaya yang kurang terang atau gelap yang tanpa tripod, Nikon D610 akan jauh lebih handal untuk digunakan. Akan tetapi jika ingin memiliki kamera yang mempunyai fitur berkelas dan pro dan lebih sering memotret di pencahayaan yang lebih terang atau dengan tripod (seperti digunakan untuk traveling) kamera Nikon D7100 lebih unggul.

Nah, itu tadi perbandingan dari kameran Nikon D7100 dan Nikon D610 yang telah kita bahas di atas. Saran saya pilihlah kamera yang mempunyai kebutuhan yang pas untuk kita, sepertinya kita sebagai fotografer yang lebih suka pemandangan maka pilihlah Nikon D610 yang lebih cocok.

Related posts