Bagaiamana Perkembangan Anak yang Normal

  • Whatsapp
Perkembangan Anak

Perkembangan Anak

Apa yang normal? Tahun pertama kehidupan adalah masa perubahan luar biasa di mana bayi, rata-rata, tumbuh 10 inci (25 sentimeter) panjangnya dan tiga kali lipat berat lahir mereka.

Mengingat semua Perkembangan Anak yang terjadi kemudian, orang tua baru mungkin akan terkejut ketika anak mereka tidak terus tumbuh begitu cepat setelah tahun pertama. Tetapi tidak ada anak yang melanjutkan laju pertumbuhan bayi. Setelah usia 1, panjang pertumbuhan bayi sedikit melambat.

Pada usia 2, pertumbuhan tinggi biasanya berlanjut pada tingkat yang cukup stabil sekitar 2 ½ inci (6 sentimeter) per tahun hingga remaja. Namun, tidak ada anak yang tumbuh dengan kecepatan stabil sempurna selama masa kanak-kanak ini. Berminggu-minggu atau berbulan-bulan pertumbuhan yang sedikit lebih lambat berganti dengan “percepatan pertumbuhan” mini pada kebanyakan anak.

Anak-anak sebenarnya cenderung tumbuh sedikit lebih cepat di musim semi daripada saat-saat lain sepanjang tahun! Percepatan pertumbuhan besar terjadi pada masa pubertas, biasanya antara 8 hingga 13 tahun pada anak perempuan dan 10 hingga 15 tahun pada anak laki-laki. Masa pubertas berlangsung sekitar 2 hingga 5 tahun.

Lonjakan pertumbuhan ini dikaitkan dengan perkembangan seksual , yang meliputi penampilan rambut kemaluan dan ketiak, pertumbuhan dan perkembangan organ seks, dan pada anak perempuan, dimulainya menstruasi . Pada saat anak perempuan mencapai usia 15 dan anak laki-laki mencapai usia 16 atau 17, pertumbuhan pubertas telah berakhir untuk sebagian besar dan mereka akan mencapai kematangan fisik.

Apa yang dilakukan untuk Perkembangan Anak?

Anda dapat melakukan beberapa hal untuk membantu memastikan bahwa anak Anda tumbuh dan berkembang secara normal. Yang sangat penting bagi kesehatan dan kesejahteraan anak-anak secara keseluruhan adalah:

  1. Istirahat yang cukup:

Pola tidur bervariasi berdasarkan usia dan setiap anak. Tetapi kebanyakan anak-anak membutuhkan rata-rata 10 hingga 12 jam tidur per malam. Tidur memberi tubuh tumbuh sisa yang mereka butuhkan untuk tumbuh dengan baik.

  1. Nutrisi yang baik:

Diet seimbang yang penuh dengan vitamin dan mineral esensial akan membantu anak-anak mencapai potensi pertumbuhan penuh mereka.

  1. Olahraga teratur:

Karena obesitas merupakan masalah bagi banyak anak, orang tua harus memastikan bahwa anak-anak mereka berolahraga secara teratur. Bersepeda, hiking, in-line skating, olahraga, atau aktivitas menyenangkan apa pun yang akan memotivasi anak-anak untuk bergerak akan meningkatkan kesehatan dan kebugaran yang baik dan membantu mereka mempertahankan berat badan yang sehat.

Berbicara dengan Anak-Anak Tentang Pertumbuhan?

Anak-anak berbeda dalam pertumbuhan dan perkembangan selama masa kanak-kanak. Dan seperti orang dewasa, beberapa anak lebih tinggi atau lebih pendek. Secara umum, anak perempuan mencapai pubertas lebih awal daripada anak laki-laki, meskipun beberapa anak perempuan mungkin tertinggal dari rekan-rekan mereka dalam perkembangan payudara atau mendapatkan menstruasi pertama mereka.

Semua ini biasanya normal. Cobalah untuk menghindari membandingkan pertumbuhan di antara saudara kandung atau anak-anak lain. Menarik perhatian pada ketinggian, misalnya, hanya akan membuat anak-anak merasa sadar diri tentang ukuran mereka. Dorong anak-anak Anda untuk menerima pertumbuhan dan perkembangan mereka sendiri.

Jelaskan bahwa beberapa anak tumbuh dan berkembang pada tingkat yang berbeda – dan pof yang terlambat biasanya akhirnya menyusul. Anak-anak memiliki banyak pertanyaan tentang pertumbuhan, mulai dari mengapa gigi mereka rontok hingga topik yang sulit atau memalukan seperti perkembangan payudara atau berkeringat.

Jawab pertanyaan dengan jujur ​​dan bahkan mulai berbicara tentang pertumbuhan untuk membantu anak-anak memahami banyak perubahan yang mereka hadapi. Ini akan membantu mereka menerima perubahan secara positif.

Jika Anda merasa tidak nyaman mendiskusikan topik-topik ini, anak-anak Anda mungkin berpikir ada sesuatu yang memalukan tentang perubahan yang mereka lalui dan mungkin lebih sedikit membawa masalah mereka kepada Anda.

Related posts