7 Manfaat Menu Mpasi 6 Bulan Serba Ikan untuk Bayi

Ikan masih menjadi salah satu bahan menu mpasi 6 bulan terbaik untuk si kecil. Sebab, di dalamnya terkandung beragam nutrisi penting untuk membantunya tumbuh dan berkembang. Bahan-bahannya juga cenderung mudah didapatkan karena di Indonesia sudah banyak yang membudidayakannya. Berikut manfaat mpasi 6 bulan serba ikan untuk si kecil.

Menu Mpasi 6 Bulan Serba Ikan

Menu Mpasi 6 Bulan Serba Ikan

  1. Bisa Mencegah Terjadinya Eksim

Bagi si kecil, eksim adalah penyakit serius. Sebab, saat terkena penyakit ini, kulit si kecil akan mengering. Itu untuk kategori eksim ringan. Bagaimana jika kadar eksimnya semakin menjadi-jadi? Tentu gerakan si kecil jadi serba terbatas. Bukan hanya kering, tetapi juga bisa timbul potensi kulit mudah pecah saat beraktivitas.

Oleh karena itu, sering-sering beri si kecil nutrisi terbaik dari ikan. Sebaiknya dalam bentuk bubur, ya, biar mudah dicerna. Sebab, di dalam ikan terdapat kandungan lemak Omega-3 yang bisa mengatasi gejala eksim. Bahkan sebelum terjadi, si kecil sudah mendapatkan perlindungan efektif dari lemak tersebut.

  1. Daya Penglihatan Si Kecil Jadi Semakin Tajam

Saat ini, cukup banyak anak yang masih berusia kurang dari 5 tahun sudah pakai kacamata. Alasannya macam-macam. Bisa karena terlalu banyak nge-game, menonton televisi, atau film lewat layar komputer & HP. Ironis memang. Si kecil yang harusnya memiliki mata terjaga, justru kemampuan penglihatannya sudah direnggut sejak dini.

Untuk mencegah hal itu terjadi, sering-sering kasih makan ikan sejak dini. Boleh ikan mujair, tuna, gindara, kakap, dan sebagainya. Sebab, ikan mengandung DHA serta kaya akan vitamin A yang bisa mempertajam penglihatannya. Jangan lupa kasih tahu tetangga yang belum tahu. Biar dampak positifnya lebih luas lagi.

  1. Mampu Menguatkan Tulang Si Kecil

Apa jadinya jika masih bayi, tapi hanya diam saja seolah kekurangan energi? Apalagi kalau sampai jarang tertawa dan berekspresi. Pasti membuat orang tua mana pun jadi bertanya-tanya. Di dalam ikan, terdapat kandungan asam lemak yang bisa menjaga kepadatan tulang si kecil. Pastikan menu mpasi 6 bulan ini benar-benar halus.

  1. Sudah Ada Versi Minyak Ikannya

Selama ini, ikan masih menjadi salah satu indikator air yang layak pakai. Jika air sudah terkontaminasi limbah atau zat berbahaya, pasti si ikan memilih pindah atau mati di tempat. Tapi untuk berjaga-jaga dari dugaan kandungan merkuri dalam ikan di suatu tempat, lebih baik Anda beli versi minyaknya saja. Biar lebih aman untuk si kecil.

  1. Pertumbuhan pun Lebih Optimal

Pertumbuhan dalam hal apa? Semuanya. Baik secara mental, pertumbuhan organ vital, dan lainnya. Sebab, ikan mengandung vitamin A, vitamin D, DHA, Omega-3, serta asam lemak yang sangat solutif. Mpasi yang berbahan dari ikan juga bisa mengatasi beragam penyakit. Misalnya difteri yang kerapkali melanda bayi berusia kurang dari 1 tahun.

  1. Bisa Mencerdaskan Otak

Kandungan ikan yang berperan untuk mencerdaskan otak adalah DHA. Anda bebas memilih, apakah mau pakai minyak ikan atau versi ikannya langsung. Ini penting. Sebab, saat masih kecil, daya serap ilmunya cenderung tinggi. Jadi, manfaatkan sebelum terlambat. Masa-masa emas tersebut hanya terjadi sekali dalam seumur hidup.

  1. Bisa Membuat Bayi Lebih Ceria

Keceriaan si kecil selalu berhasil menyihir suasana dalam keluarga. Tanpa sadar, orang yang melihatnya pun ikut ceria. Sungguh anugerah jika si kecil bisa ceria setiap harinya. Untuk membantunya mengatasi beragam mood buruk, sering-sering buatkan ia menu mpasi dengan bahan dasar dari ikan.

Sudah siap bikin menu mpasi 6 bulan pertama untuk si kecil? Mudah-mudahan selalu konsisten, ya. Ketika membuat menu pendamping berbahan baku dari ikan, jangan lupa ikutkan kepalanya. Sebab, bagian kepala tersebut yang memiliki kadar nutrisi tinggi untuk mencerdaskan otak si kecil. Tapi lebih dulu haluskan dengan blender agar mudah dicerna.