3 Jenis Alat Bantu Dengar yang Bagus

  • Whatsapp
Alat Bantu Dengar

Anda memiliki gangguan pendengaran? Ada baiknya Anda segera kunjungi dokter Anda dan jika memang diperlukan, gunakan alat bantu dengar. Cara kerja alat bantu dengar setidaknya bisa membantu telinga Anda untuk mendengarkan suara-suara dari luar. Untuk Anda yang bingung memilih tipe alat dengar yang bagus, cari tahu jawabannya di bawah ini.

3 Tipe Alat Bantu Dengar yang Bagus

  • Behind-the-ear (BTE)

Alat bantu dengar Behind-the-ear (BTE) terdiri dari kotak plastik keras yang dikenakan di belakang telinga dan dihubungkan ke penutup telinga plastik di dalam telinga luar. Komponen elektronik disimpan di dalam cashing  belakang telinga.

Setelah itu suara akan mengalir dari alat bantu dengar melalui penutup telinga dan ke telinga. Alat bantu BTE digunakan oleh orang-orang dari segala usia untuk gangguan pendengaran yang ringan hingga berat.

  • In-the-ear (ITE)

Alat bantu dengar In-the-ear (ITE) sepenuhnya digunakan di dalam telinga luar dan digunakan untuk gangguan pendengaran yang ringan hingga parah. Alat dengar satu ini menahan komponen elektronik dan terbuat dari plastik keras. Beberapa bantuan ITE mungkin memiliki fitur tambahan tertentu yang diinstal, seperti telecoil.

Telecoil adalah koil magnetik kecil yang memungkinkan pengguna menerima suara melalui sirkuit alat bantu dengar, bukan melalui mikrofonnya. Telecoil membuat Anda lebih mudah untuk mendengar percakapan melalui telepon. Telecoil juga membantu orang mendengar di fasilitas umum yang telah menginstal sistem suara khusus, yang disebut sistem loop induksi.

 Sistem loop induksi dapat ditemukan di banyak sekolah, bandara, dan auditorium. Alat bantu ITE biasanya tidak dikenakan oleh anak kecil karena selongsong perlu diganti sesering bertumbuhnya telinga

  • In the canal (ITC)

 Alat bantu dengar in-the-canal (ITC) dibuat agar sesuai dengan ukuran dan bentuk saluran telinga seseorang. Karena jenis ITC ini kecil, maka alat bantu saluran mungkin sulit untuk disesuaikan dan dilepas.

Selain itu, alat bantu saluran jenis ini memiliki ruang lebih sedikit untuk baterai dan perangkat tambahan, seperti telecoil. ITC biasanya tidak direkomendasikan untuk anak-anak kecil atau untuk orang-orang dengan gangguan pendengaran yang parah hingga mendalam karena ukurannya yang berkurang membatasi kekuatan dan volumenya.

Untuk Anda yang ingin mencari alat bantu dengar yang bagus, 3 jenis di atas bisa membantu Anda dalam memilih mana alat bantu dengar yang bagus.

Related posts